Selasa, 28 Februari 2012

Malas


Parah banget nget nget, hari gini apa-apa serba ngandalin orang lain (baca:suami, karena yang siaga adalah suami). Kemana-mana nebeng alias mbonceng, atau duduk manis di sebelahnya. Boro-boro mau jeng-jeng sndiri, bawa motor kagak berani. Nyetir juga masih meraba-raba. Parah.
Pernah bawa motor ke kota (bukan didorong ya, tp dinaikin :D), pas tikungan hampir kesrempet/ketabrak angkot. Huuaaa, kaget dan 

Alhamdulillah semua selamat, termasuk selamat dari makian sopir angkot. Selalu itu alesan saya kalo “dipaksa” suami bawa motor sendiri. Saya nggak bisa konsen, kagetan dll. Padahal mah, lebay.. Alesan yang dibuat-buat. Intinya malas. Kalo sekedar bawa motor di jalan bandara atau jalanan lengang, ya masih oke lah, tapi nggak oke banget kalo pas udah keluar mau ke jalan raya, spontan langsung turun dan menyerahkan motor ke yang berwenang, maksudnya ke suami gitu, saya mah mbonceng aja. Nggak pede dengan kemampuan sendiri dan sekali lagi, malas. Latihan nyetir juga nunggu dikomplain anak dulu..gara-gara nggak ada sopir, sementara mobil nganggur di garasi. Ada saya, tapi bisanya cuma nebeng. Hohohoho..

Parahnya lagi, merambat ke yang namanya utak atik komputer. Dengan alesan kesibukan atau keletihan (yg dibuat-buat) saya justru mengandalkan suami utk nge-set modem, install program, windows.. Masih mending lah sekarang saya rajin donlot-donlot untuk tontonan anak-anak. Mending?!! Hohoho saya ini kan lulusan ilmu komputer #nepokin jidat.

Pun untuk menulis. Kalo nurutin malas, berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan saya hanya menyimpan ide-ide di otak saya, tanpa menghasilkan tulisan satu pun. Dengan alesan, kalo siang rebutan laptop sama anak-anak. Pas jam anak-anak tidur, nyelesaiin kerjaaan rumah yang tertunda, cape lah, ngantuk lah… Plisss deh, trus kalo udah di depan laptop maunya sambil online. Giliran mau ngetik, ngantuk daaahh.

Yupzz, harusnya saya sadar (_sambil nepok2in jidat_) bahwa untuk belajar dan bisa aya harus berani
mengandalkan diri sendiri. Meluangkan waktu dan (sedikit) berkorban.

Malas hanya akan membuat saya jalan di tempat, malah bisa terjebak untuk jalan mundur. Dan coba baca pepatah gaul dari buku tatang sutarma halaman 27 bab yang ketiga, "Apabila orang rajin maka dia akan pandai. Sebaliknya jika dia malas maka di akan lebai. Sedikit demi sedikit lama-lama jumlahnya nggak sedikit."

Lagi pula harap diingat bahwa malas itu adalah berasal dari syetan..hiiiyyy, na ‘udzubillahi minasysyaitonirrojiim..

Tidak ada komentar: