Selasa, 18 Agustus 2015

Hormat Bendera

Merdekaaa! Hari ini tanggal 18 Agustus, sehari setelah hingar bingar dan kesibukan tujuhbelasan. Upacara, lomba-lomba, dan nggak luput pula, status-status bernuansa tujuhbelasan di dunia maya.

Di pagi yang dingin begini, saya masih sibuk menghangatkan diri depan kompor. Yaah sekalian masak gitu. (Nggak kebalik, Mak?) Sambil sesekali mencuri pandang dan dengar siaran berita dari televisi. Lha kok ndilalah pas presenter berita menjelaskan tentang kenapa sih Pak Wapres nggak 'hormat' saat pengibaran bendera. Menurut penjelasan yang sah dan akurat, sikap hormat bendera nggak mesti harus hormat grak kayak kita waktu upacara bendera di sekolah.

Pas tuh, kemaren saya sempat baca status di pesbuk ngributin ginian.
Pas mbaca itu, pengen rasanya ngikik...lha piye jal, habisnya saya jarang menthelengi upacara tujuhbelasan di tipi. Kadang-kadang masih bingung juga, itu ibu-ibu yang kondean pada hormat grak ngangkat tangan nggak seh? Hihihi

Saya nggak ikut ngributin bukannya saya ngerti perihal hormat-menghormat bendera. Lha wong waktu sekolah dulu, kalau lagi upacara saya juga ndak disiplin-disiplin amat. Kadang lupa bawa topi. Seringnya goyang-goyangin kaki karena pegal. Kadang sengaja ngiyup di bawah bayangan teman. Panas sodaaraaaa!
Kadang merhatiin kutu rambut di kepala teman yang saking kepanasannya berebut keluar dari sarangnya, hiyyy...
Kadang iseng cuci mata ke sekeliling. Kadang sambil rasan-rasan membahas cowok idaman, eh salah ding..membahas kurs rupiah terkini! Huahahaha

Yaah intinya dalam sekian puluh (atau ratus malah) pengalaman mengikuti upacara bendera saat sekolah, mungkin hanya seupil yang bisa dikatakan bener dan betul.
Mengapa seupil, Mak? Kayaknya kalo baca penuturan di atas nggak ada bener-benernya tuh.

Wakakakk. Begini, ada kalanya saya juga jadi petugas upacara. Entah pembaca doa, pengibar bendera, pembaca UUD 45, paduan suara..
Lha masa kalo jadi pengibar bendera mau cengengesan sambil rasan-rasan. Nggak banget...yah, kecuali dikit-dikit. Biar nggak kentara gitu.

Nah, setelah lepas sekolah, kalo ndak salah ingat nggak pernah lagi ikut upacara. Tujuhbelasan yang setahun sekali juga kagak! Palingan nonton dari tipi atau nonton di lapangan.

Saat upacara wisuda TK anak saya, inget banget deh..gedung segitu penuhnya..ratusan orang, palingan berapa sih yang khusyuk berdiri dan ikut nyanyi lagu Indonesia Raya. Saya? Berdiri sambil nggendong bayi, kagak ikut nyanyi karena sadar diri -takut orang malah bubar dengerin suara saya-. Itu pun disambi ngobrol sesekali. Duhh!

Jadi pengen nanya sesuatu yang sepertinya kekinian.
Apa arti kemerdekaan buat kamuh? Iyaaaa, kamuh.



Tidak ada komentar: