Rabu, 07 Maret 2012

Mengasuh Kaca Mata

Bertahun-tahun saya pake kacamata, sejak kelas 4 SD, tapi baru kali ini saya ngerti dan mau mengasuh  kacamata  dengan baik dan benar. Setidaknya peningkatan dari sebelum-sebelumnya. Ini tidak terlepas dari jasa mas google yang sudah mencarikan jawaban untuk pertanyaan saya.

Dan bisa saya simpulkan dari pengalaman dan beberapa tips yang pernah saya baca sbb:

1. jangan pernah ngasih kacamata kepada anak yang berusia di bawah dua tahun. Pengalaman membuktikan kacamata saya pernah dibanting sampai pecah berkeping. Dan pernah juga di patahin frame-nya tanpa diduga :D Kalo udah pecah/patah, terpaksa ganti baru. Nggak seperti bikin gemblong, proses ganti kaca mata baru perlu waktu lebih lama. Kadang bisa sampe seminggu atau dua minggu. Nah, di masa menunggu itu rasanya berjalan tapi ngambang (halaaah). Apalagi mata saya udah kategori parah rusaknya, jadi tanpa kaca mata nggak pede sama sekali untuk keluar rumah :p
Bukan karena penampilan, sueeer itu lebih karena saya hampir nggak bisa membedakan mana orang dan mana bayangan. Hihihiihii. Lagipula kalo seandainya saya berjalan lalu menginjak sesuatu yang samar tapi berbau tajam, nggak lucu kan?

2. hati-hati dan jangan sembarangan menyimpan kaca mata. Usahakan selalu menyimpan di dalam kotaknya. Menyimpan sembarangan selain susah untuk mencarinya, dikhawatirkan kaca mata bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama untuk menghindari KTKM (kekerasan terhadap kaca mata).

3. ngelap lensa yang bener, pake lap khusus kacamata. Jangan sekali-kali pake kain pel, lap gombal dan semacamnya. Waktu saya sekolah dulu punya kebiasaan menggunakan ujung lengan baju teman saya. :D Selain kurang steril, hal ini bisa memicu fitnah. Ada apa antara saya dan teman saya? Meskipun saya nggak bermaksud apa-apa selain numpang ngelap bentar.. Tapi siapa yang tahu kalo saya punya kebiasaan aneh begitu?

4. sebelum dilap tuangkan sedikit air  di lensa untuk mengalirkan debu dan kotoran. Debu dan kotoran berpotensi menyebabkan goresan pada lensa. Ingat, air bersih ya.. bukan bekas cucian sepatu.

5. jangan dicuci sembarangan, kalo kena keringat dan terasa berminyak cukup dibasuh air plus sabun mandi dikiiiiit aja, digosok pake tangan.  Harap menghindari sikat+spon cuci piring. :D

6. sayangi kaca mata. Kan belinya pake uang, nggak pake daun. Selalu teringat saat tanpa kaca mata, hidup ini galau rasanya.. hihihii, dari kepala pusing, krisis pede, sampe kadar kekerenan yang merosot drastis. Halaaah..


Ini memang bukan tips dari ahlinya, karena saya hanya pemakai kaca mata.

 Tapi setidaknya saya berbagi pengalaman..Iya toh?


Tidak ada komentar: