Kamis, 22 Maret 2012

Anre to Luwu



Yang artinya, Mak? Itu bahasa Bugis, artinya makanan dari Luwu.
Saya mencoba nulis tentang makanan karena beberapa alasan. Yang pertama saya suka makan. Yang kedua waktu nulis ini saya lagi pengen makan. Dan  yang ketiga adalah memenuhi request teman jadul saya  Mas Anjas putune MbahTjokro (kalo saya putu buyute Mbah Hartodimedjan, ningrat Jogja  yang mukim di Klaten  :D)  Lazim menyebut dirinya Fanikovsky,  konon katanya terinspirasi nama seorang komposer Tchaikovsky (jarene lhooo, mbuh bener mbuh oraaa xixixixi). Dapat dikunjungi di http://fanikovsky.posterous.com

Begini ceritanya pemirsaaa..
Bertahun-tahun saya tinggal di Luwu,  Sulawesi Selatan.  Lidah saya yang notabene Jawa tulen sudah lumayan beradaptasi dengan beberapa jenis makanan khas orang sini.

1.       Pallu Butung
Pisang kepok tua yang dikukus, lalu dipotong-potong. Disajikan dengan kuah santan kental dan disiram dengan susu kental manis plus sirup  DHT. Nah ini sirupnya juga khas, sirup merah rasa aneka buah produksi Makassar. Entahlah, apakah ada diperjualbelikan di Jawa. Sayang sekali nggak ada potonya pemirsa... Kuah santan ini dibuat dari campuran santan dan tepung (terigu/ beras. Rasane enyakk, apalagi pas laper. :D cocok buat makanan ta’jil pas buka puasa.

2.       Pisang ijo
Mirip dengan pallu butung. Yang membedakan pake pisang warna ijo. Hehehe bukan pisang mentah apalagi pisang tjap Hulk. Pisang ijo adalah pisang raja yang dibalut adonan tepung warna ijo trus dikukus gitu. Kenapa warna ijo? Ya iyalah kalo warna ungu jadinya pisang unyu.

3.       Kapurung
Ini yang paling unik di Tana Luwu. Kapurung. Istilahnya pun bukan makan kapurung, tapi minum kapurung. Kenapa coba? Mungkin caranya harus pake sendok, nggak bisa dipuluk(dijumput), disumpit dll. Sayur ini terutama dibuat dari kaldu ikan, ayam atau daging atau campuran di antaranya. Waduh agak sudah saya menjelaskan pemirsa. Biar nggak anyir ngrebusnya pake kunyit plus asam. Lalu dicampur sayur-sayuran kaya kacang panjang, terong, bayam, daun melinjo, daun labu, apa saja lah yang ada. Hehehhee. Jangan lupa dikucuri air jeruk nipis.
Bumbunya sederhana. Cuma campuran antara kacang tanah goreng, cabe, garam, tomat rebus, plus pattikala (mun di Sunda mah namina Honje).
Nah, yang bikin agak ‘susah’ untuk lidah Jawa tulen saya, adalah penyajiannya yang dicampur dengan bulatan-bulatan sagu kental. Adonan sagu yang sudah dicampur dengan air mendidih, lalu dibentuk bulatan-bulatan. Asli, awalnya saya memiripkannya dengan sayur lem. Tapi beginilah, konon sagu adalah makanan pokok jaman dulu kala. Mirip papeda.
Makannya juga pake sagu, yang dipadatkan dan dibakar, namanya dange’. Plesetan di sini : kaset. Hahaha harap makan/minum kapurung beserta kaset dan CDnya.
Rasanya mirip sayur asem. Enak kalo dimakan pas laper (ya iya laaah). Cocok buat makanan berbuka puasa, cepet kenyang.

4.       Sop Konro
Konro adalah iga. Iga sapi atau kerbau. Kalo makanan ini sih aslinya mungkin Makassar, dan udah banyak lah dijual di kota-kota lain. Tapi buat pemirsa harus berhati-hati, pernah dengar kalo masaknya dicampur pake angciu. Lebih amannya, ditanyakan dulu kali ya sama penjualnya. :)

5.       Cotto Makassar
Di Palopo, kami seringnya beli di restoran cotto yang judulnya Cotto Mangkassara. Cotto ini buka pagi sampai siang saja. Ada juga sih restoran cotto yang buka seharian, namanya Cotto Begadang. Cotto itu sekilas mirip soto, tapi lebih kental. Isinya potongan daging plus jeroan. Full kolesterol, makanya kalo makan disarankan mencampur terlebih dahulu dengan air jeruk nipis. Penyajiannya di mangkok kuecil, plus sendok bebek logam. Makannya pake ketupat kecil-kecil. Ketupat dipegang tangan kiri, lalu tangan kanan megang sendok. Sedikit demi sedikit ketupat dicolek pake sendok, lalu dicelup ke kuah cotto, baru deh dimakan. Kalo lagi laper berat minta saja tambahan kuah, pasti dikasih. :D

6.       Lawwa
Yang ini mirip urap kalo di Jawa. Bedanya kalo lawwa’ agak kecut secara ditambah jeruk nipis. Trus kelapa parutnya disangrai dulu sampai kering. Yang saya suka lawwa’ daun pakis dan lawwa’ jantung pisang. Kalo lawwa’ jantung pisang, konon jantung pisangnya nggak direbus. Habis diiris-iris tipis, trus diguyur air panas. Lalu dikasih suwiran-suwiran ikan mentah. Pertama kali makan ini, semalaman sakit perut saya. Tapi, rasanya not bad lah. Nggak ada anyirnya kok.

7.       Pacco
Ikan mentah, biasanya dari jenis ikan kecil-kecil, dipisahkan daging dari durinya. Lalu dicelup ke dalam air cuka. Dan dimakan dengan cara dicocol sambel yang berupa garam+cabe+air jeruk nipis. Saya pernah makan juga, sekali lagi not bad lah.. Lumayan untuk petualangan lidah Jawa saya

8.       Bakso Solo
Kenapa Bakso Solo? Kan itu bakso asli Jawa, yang jual pun orang Jawa. Hahaha soalnya kalo bakso di sini penyajiannya khas. Jangan heran kalo di meja juga disediakan burassa (sejenis lontong, tapi dibungkus pipih dan rasanya gurih santan), kacang/suuk goreng, dan irisan-irisan jeruk nipis.
Saya amati secara umum cita rasa masakan khas sini adalah mengandalkan kacang tanah, cabe rawit, jeruk nipis. Jadi kalo mau jualan bakso/soto/apa pun di sini jangan lupa sediakan itu sebagai pelengkapnya. Menurut saya lhoo, soalnya dulu pernah ada lapak bakso merk terkenal (kalo nggak salah tjap endaz sapi :p) nggak bertahan lama, pun juga lapak mie merk terkenal asal Betawi (mie ngebet atau apa gituuu :p). Mungkinkah mereka kurang mengadopsi selera asal masyarakat sini? Halaah, mbuh lah.

Begitulah pemirsa, kalo ada yang berkesempatan menginjakkan kaki di Tana Luwu, saya persilakan untuk menjajal makanan khas daerah sini.
Mari ki’, kumande jolo..
Nganre ki’ jolo. Hehehe


2 komentar:

MasAnjas mengatakan...

Terima kasih atas kesediaannya memenuhi request saya. Hahaha..
Nomong-ngomong, saya akhirnya pernah juga nyicipin Kappurung pas lagi dines di Kendari. Seger sih sayurnya. Enak. Tapi adonan sagunya itu lho, gak nguatin. "Rasanya persis lem glukol", istilah temen saya. (Berarti kancaku nggragas tenan yo kae, wis tau ngicipi lem glukol :D) Tapi dasarnya emang suka kulineran, waktu itu satu mangkok gede sagu beserta sayurnya habis tandas juga. Opo memang cen lagi ngelih? Hahaha..

Ketepelkukuk mengatakan...

heheheh, sama-sama mas Anjas nggak pake moro :p
iyo ancen awalnya mirip sayur lem, kalo dah biasaa makan sagu(dan ngeliat org makan sagu) ya biasa wae, lama2 juga doyan. Coba sekalian ngicip dange'nya, mlh msh ada bau2 asem yg khas.. :D sekali lagi ala bisa karena biasa.