Selasa, 04 Februari 2014

PINDAHAN (bagian 2)



Packing.

Packing.

Dan packing.

Nggak menyadari seberapa lebaynya saya, hingga untuk packing pun saya jadwalkan waktunya. Padahal barang nggak banyak. Bawa seperlunya. Karena terus terang saya malah merasa nyaman dengan barang-barang seperlunya. Nggak ribet nyimpennya. Nggak pusing makainya. Pernah saya 3 minggu, berempat, di dapur hanya mengandalkan magic com kecil dan panci teflon kecil. Berhasil, meskipun di hati kecil terdalam…kangen juga bikin ini itu dengan panci ini itu, blender, mixer dll. Hahaha,  sebenarnya sih kemampuan dapur pas-pasan malah mungkin di bawah standar. :p Gaya doang. Tapi, sudahlah..namanya juga emak-emak.

Balik lagi ke topik.

Tadinya dengan asumsi membawa barang sendiri, saya hanya akan membawa dua kardus dan satu koper.

Kardus pertama, bekas kardus magiccom, saya isi dengan alat masak dan makan seperlunya.

Kardus kedua, bekas kardus obat nyamuk cap kingkong, saya isi dengan mainan anak, hairdryer, dan buku.
Koper, tentu saja berisi pakaian.

DONE.

Packing beres. Dan saya bisa mengurus yang lain, secara waktu itu anak saya harus bolak-balik ke dokter THT untuk kontrol tonsillitis.

Beberapa hari kemudian, my sweetheart..ngasih info. Yang bisa diterjemahkan sbb : packing barang ditanggung, maksimal bisa 10 kubik.

Maksudnya bos?

“Iya, siapin barang-barang yang mau dibawa. Maksimal 10 kubik.”

Bukan, saya nggak ngerti 10 kubik itu berapa. Gimana ngitungnya.

Hahahaha LOL, di saat realita dan perlu aplikasi matematika saya malah blank. Entah, mungkin ini pengaruh euphoria pindahan. Halaaaahhh..

“Satu kubik sebanding dengan  volume hasil perkalian panjang  satu meter, lebar  satu meter dan tinggi satu meter.”

Nah, looo…kalo 10 kubik banyak amat ya.

Mulailah saya bergerilya, mencari barang-barang yang mau dibawa.

Pertama adalah mainan anak dan buku-buku mereka. Secara saya ingin sedikit menghibur mereka bahwa kepentingan mereka tetap diperhatikan. Bagaimana pun waktu saya kecil dulu, apabila dipisahkan dengan mainan merasa sedih dan kecewa. Yaaah, meskipun pada akhirnya waktu yang akan mengobati kesedihan dan kekecewaan. Dengan kebahagiaan dan kesenangan yang berbeda dengan yang didapatkan sebelumnya.

Kedua, alat masak tentunya. Tapi saya bingung mau bawa apa. Secara waktu dulu pindahan dari Palopo sebagian besar peralatan tempur di dapur entah kemana, hehe ditinggal begitu saja. Beruntung ibu mertua berbaik hati menyumbangkan seperangkat alat masak (halaaahh bahasane), yang menurut saya lumayan. Bukan karena nggak kebeli sama saya, tapi karena saya emang nggak beli. Saya masih berpikiran, kalo pake wajan biasa aja bisa ngapain beli double pan made in korea? Kalo pake panci   biasa masih oke, ngapain menuh-menuhin dapur dengan panci segala rupa yang diklaim serba guna? Itulah saya, praktis dan irit. Hahaha gimana nggak irit, lha kalo belanja barang selalu pegang prinsip utama : cari harga murah.  Kalo perlu yang diskonan. :p

Ketiga, apa ya lupa. Hihihi…sepeda dua biji, pianika, raket, vacuum cleaner, skuter anak-anak dua lembar. Dan baju-baju yang masih tersisa di lemari. Waaahhh banyak. Ngepaknya juga lumayan cape dan rieut. Tau rieut kan? Itu lohh campuran antara pusing dan muter :D

Tiba-tiba hape bunyi, “Udah diitung belum paketan barang?”

Oh, iya sebagai seksi bisang pengepakan, saya pan mesti laporan ke bos.

Sekumpulan  paket barang saya jajarkan…  Panjang sekian, lebar sekian, tinggi sekian. Ngukurnya pake meteran buat ngukur kain ituh. Hahaha payah ini, bisa teori matematika tapi kurang di aplikasinya..yag beginih.

“Kok nggak sampe dua kubik? Emang sedikit barang kita ya?”

Hihihihi kok si papah baru sadar sih kalo barang-barang kita cuma segitu.
Hmmm…gimana kalo kita bawa meja, kursi, lemari, dll? Waduh, itu pan punya mertua. Hahaha…masa 
diangkutin dengan teganya.

Ya udahlah, emang barang kita segitu kok. Tambah motor revo kesayangan saya, jadi kurang lebih 4 kubik. Oya saya kepikiran bawa beras sekarung. :D Lumayan lho, kami di kampung nggak pernah beli beras secara juragan beras eh..bukan ding…hahaha. Cuman punya setok beras di gudang berkarung-karung.  Jadilah sekitar 70 liter beras kami masukkan ke karung.  Lumayan buat makan 1-2 bulan, nggak usah beli. Beras mahal bo’..

Nggak bawa kompor? Kasur? Kursi? Lemari? Trus gimana dong….

Tenaaaang, di tempat baru kami milih perumahan fasilitas perusahaan yang sudah standar. Udah ada isinya, nggak pusing lagi mikirin beli kulkas, AC atau kompor. Tinggal pake.. Standarnya lumayah di atas rata-rata (dan di atas standar kehidupan saya sebelum-sebelumnya). Halaman luas, adem, dan nyaman. Buat anak-anak bermain mereka pasti senang, karena biasanya mereka butuh area luas untuk 'upyek' (terjemahannya : kesana kemari, sibuk ini itu, dll)

Oh, gituu.. Alhamdulillah. Buat saya yang –sekali lagi- agak enggan bela beli, tuka tuku, segala macem perabotan, peralatan dan tetek bengek perlengkapan rumah..saya sangat bersyukur. Ndak pusing. Ndak bingung lagi jikalau kami harus pindahan lagi. Ndak usah mikirin jual barang perabotan ini itu.

Meskipun sebenarnya masih ada pilihan kami bisa mengontrak atau mencicil sepetak rumah. Dengan beberapa keuntungan dan keberatan (saya nggak bilang kerugian, lho).

Prinsip saya, selagi ada, it’s okelah kita manfaatkan hasil jerih payah. Nikmati  rejeki kita. Sebagian uang memang harus ditabung/diinvestasikan untuk masa depan. Karena kita juga nggak tau akan seperti apa ke depannya. Tapi bukan berarti kita hidup selalu diirit-irit. Hemat memang pangkal kaya. Tapi kategori ‘hemat’ tiap keluarga pasti berbeda. Daaaan tolok ukur kebahagiaan orang itu juga beda-beda lhoo.

Bagi saya, menyenangkan diri sendiri nggak harus dengan membeli barang ini itu. Meskipun bisa terlihat gaya dan mengangkat status sosial (haissssh), tapi menurut saya membeli barang-barang yang kurang perlu itu malah jadi beban.  Memutuskan beli sepotong talenan eh tablet android saja saya butuh waktu berbulan-bulan memutuskan jadi beli atau kagak. Mengingat dan menimbang udah ada satu laptop setengah jadul (dr tahun 2006), plus dua netbuk yang masih sering saya pake.
Apalagi beli hape baru. Pusing saya, hihihi lebay. Makanya saya masih bertahan di hape jadul…selama masih bisa dan masih sesuai kebutuhan. Kenapa tidak? Meski ditawari si bos berkali-kali untuk beli baru, laaahhh die aje kagak ganti-ganti kok gimana sih :D Malah pernah dalam hati saya berharap, gimana kalo nih hp rusak aja jadi nggak pusing memutuskan untuk beli (hihihi, maapkeun nya bos). Kebanting-banting dan jatuh berkali-kali saya ndak marah, malah bersyukur. Tapi kok nggak rusak seeeeehhh….?! Hahahahaha

Back to topic yaah. Bagi saya travelling, mengunjungi orang tua dan sanak saudara, menikmati fasilitas, nggak bayar tagihan listrik dan air  itu juga membahagiakan.  Berbagi rejeki dengan yang lain itu juga menyenangkan lhoo…

Meski istilahnya kita buang-buang duit untuk sesuatu yang kita lakukan, dan  hasilnya nggak keliatan..tapi hikmah dan ‘sesuatu’ yang nggak nampak itu luar biasa. Misalnya, kita susah payah mengunjungi orang tua, “membuang” rupiah demi tiket, mengelap peluh dan keringat sepanjang perjalanan yang melelahkan (haayyyaaahh :p), menyisihkan waktu luang (yang mungkin saja bisa menghasilkan rupiah kalo saya pake buat hal lain :p) ….TAPI semua itu ada hasilnya meski nggak keliatan. Banyak berkahnya, mudah-mudahan. Asal ikhlas toh? 

Ah, ..nggak tau deh saya cerita panjang lebar ini intinya apa. Karena saya memang seneng bercerita :D

Ya sudahlah,…mudah-mudahan ada manfaatnya. Terutama buat saya sendiri, karena bercerita/menulis adalah kesenangan saya, teman di kala nggak ada orang di rumah. Huuuhuuu nunggu yang kerja dan yang sekolah pulang ke rumah.
*eh, tulisan ini masih bersambung lhooo. Mumpung lagi mood nulis, mumpung ada ide..dan mumpung saya saya lagi vakum syuting hahahaha (bo'ong kalo yg ini mah)

Tidak ada komentar: