Senin, 19 Oktober 2015

Resep Sanggara Peppe Ala Saya


Sesekali bikin pisang goreng yang nggak manis. Di sini ada yang namanya 'sanggara peppe', kurang lebih artinya pisang goreng keprek. Bahan yang diperlukan sederhana, pisang kepok mentah, garam, bawang, minyak goreng.

1. Siapkan pisang mentahnya. Pertama-tama galilah lubang, lalu tanam tunas pisang.  Tunggu hingga berbuah, lalu ambil pisang sebelum matang dan keduluan diambil monyet. Lama yak? Praktisnya sih, beli aja di pasar. Atau nunggu kiriman dari tetangga hahaha.

2. Kupas pisang hingga semua kulit terbuang. Ingat, kupas secara hati-hati. Pisau itu tajam, Jenderal! Dan berhati-hati dengan efek dari getah pisang mentah. Noda kehitaman dan lengket di tangan.

3. Goreng pisang glundungan tsb hingga terlihat matang. Anda bisa sambil pesbukan, twitter an, atau baca koran. Jangan sambil jalan-jalan atau tiduran. Awas, bahaya kebakaran!

4. Tiriskan pisang tadi, lalu keprek dan gebuki pake munthu/ulegan. Ndak usah lebay pake popor senapan ya, gaess.. Apalagi nggebukin pake hak sepatu. Setelah penyet, dan pisang terlihat tidak berdaya maka lumurilah dengan bumbu. Bumbunya cukup air dikit ditambah bawang putih + garam yang sudah dihaluskan.

5. Goreng lagi hingga kemriuk. Aroma bawang akan menyeruak menerobos saraf penciuman.

6.Hidangkan dengan sambel tomat.

Rasanya lumayan.
Kriuk di luar, gurih dan kenyal di dalam.
Anda mau nyoba?

Tidak ada komentar: