Senin, 09 April 2012

Orang Baru

Seorang mahasiwa celingak celinguk di dekat tangga. Paijo namanya. Sesekali matanya mendongak. Lalu melihat papan pengumuman yang tertempel di dinding. Seperti mencari-cari sesuatu. Spontan dia mendekati seorang perempuan berkerudung yang hendak menaiki tangga.
"Eh, lo tau nggak ruangan E satu?" tanyanya tanpa basa-basi.
Perempuan itu berhenti sebentar. Terlihat sedikit bingung.
Mahasiswa itu sudah tidak sabar, "Lo tau nggak sih?"
Perempuan itu menggeleng.
"Eh, lo mahasiswa baru juga, ya?" tanyanya sedikit gusar. Yang ditanya tidak menjawab, hanya tersenyum simpul. Sekilas menengok ke kaca yang menutupi lembaran-lembaran pengumuman, lalu melanjutkan langkahnya menaiki tangga kampus.
Paijo mencari-cari orang lain yang bisa ditanyai. Tidak berharap lagi menanyai sesama mahasiswa baru.
Setelah bertanya beberapa kali, akhirnya dia menemukan jawabannya. Menaiki tangga, lalu belok kiri, pas dua ruangan dari tangga itulah ruangan yang dicari.
Kelas sudah ramai, tapi untunglah belum terlambat. Hanya ada tersisa beberapa bangku di depan. Segera dia duduk dan berbasa-basi dengan teman di sebelahnya.
Pintu terbuka. Seseorang masuk. Para mahasiswa berbisik-bisik dengan sedikit gaduh. Dosen baru rupanya. Eh, itu kan perempuan yang tadi ketemu di tangga? Begitu pikir Paijo. Dia lebih melongo lagi tatkala perempuan itu mengambil duduk di kursi dosen. Meletakkan tas dan map, lalu menyapa semua yang ada di kelas.
"Selamat pagi, semuanya."
Paijo berharap, perempuan eh dosen itu tidak mengenalinya. Atau paling tidak sedikit lupa dengan percakapan singkat mereka di tangga bawah.Tapi harapannya sirna, begitu sang dosen  melemparkan sedikit senyum ke arahnya.





2 komentar:

Mas Anjas mengatakan...

yakin fiksi? jangan-jangan pengalaman pribadi :p

Ketepelkukuk mengatakan...

:D based true story at 8 years ago :p