Senin, 20 Agustus 2018

Waspadalah Saat Kamu Lapar

Waspadalah saat kamu lapar.

Haeeee gaess,

Kamu, cah kae, aku dewe, cah kono, cah kene...
Pernah merasa laper sangad? Kelaperan ampe kamu nggak bisa fokus dan nganu. Nganu pokokmen.

Ini gegara ada temen (anggep aja begitu 😁) nyetatus tentang efek lapernya. Emak-emak laper lagi nyetir di jalanan Bandung, sampai dia teriak-teriak ngatur polisi yang lagi ngatur lalu lintas di tengah kemacetan. Kebayang kan polisinya ampe menatapnya penuh sambat tiada tara.

Wooww. Hahaha. Ngapain ada Ratna Sarumpaet di mari, mungkin begitu di pikirannya 😎

Aku sih belum pernah kayak gitu. Apalagi kalo pas nyetir. Lha misale lihat pak polisinya nampak ganteng dan sholeh lagi ngatur lalu lintas, masa kudu macak ala kucing gelud gitu? Iki ming misale lho yaaa... Umpamanya. Selaper-lapernya kalo aku laper ya tetep macak solehah. ---ini dalam konteks perandaian dan cita-cita.  Ming macak, mungkin. Bener solehah atau ndaknya mungkin bisa dilihat dari timbangan.....ye kan? Timbangan amal perbuwatan. Otewe sholihah lah yaa..amiin.
Atau macak syantik. Atau macak Atiqah Hasiholan. 😁

Lalu aku urun komen. Cerita nggedabrus macem aku kalo lagi kenyang. Macam kamu kalo lagi nggombal, eaaa... 

Tadinya aku pikir, aku nggak punya cerita tentang kelaperan yang konyol. Aku ingat-ingat seperti yang biasa aku lakukan saat sadar bahwa ingatanku cukup payah.

Woiyaaaa aku pernah... Suwaad itu pagi. Pagi itu sebelum siang, yes 

Aku kudu bergegas bikin sarapan. Aku sendiri lapar, karena malamnya makanku cuman dikit. Yaaahh...demi BB yang katanya mendekati solehah itu. Naahh, kalo pagi itu menu paling ideal buat emak rempong beranak tiga adalah nasi goreng. Ya kan? Nasinya yang udah ada di mejikom sedari malam. Kamu gak perlu ngajarin aku untuk bikin nasi goreng. Srang sreng srang sreg pake bumbu instan juga jadilah. Naahh anakku kan sukanya pake kecap. Nyari kecap di laci-laci dapur jebul raib. 

Trus aku nyari di meja makan. Jebulnya ada. Basa basi dikit sama pak suami yang lagi ngopi dan nonton tipi. Mbahas berita di tipi. Sedikit rasan-rasan kembelgedezan huru hara politik.  Wis ngeciprisnya, aku ke dapur lagi nerusin bikin nasgor. Srang sreng srang sreng... Yaaakkk tuaaang kecapnya...seerrrr...dalam gerakan memutar ala chef di tipi. 

Eh lha kok. Ini kecap apaaa??? Kok putih? Keluaran terbaru? Emang ada?!
Haee, aku bertanya padamu wahai nasi goreng dalam wajan maspion di atas kompor tjap Frigidaire!!
Ee lhadalah...jebul eskaem. Alias kental manis, dalam wadah plastik yang mirip dengan wadah kecap. 

Lututku langsung lemes. Laperku ilang. Jadi emosi dan embuh banget. 😑😑😑
Dan kamu jangan tanya kenapa begitu. Pokoknya jangan.

---curhatan emak rempong yang kadang embuh, kadang hasembuh, kadang....

Tidak ada komentar: