Selasa, 21 Agustus 2012

Ujung Genteng, Panorama Tepian Laut

Sumpeee, baru sekali saya ke Pantai Ujung Genteng, selatan Kabupaten Sukabumi, yang konon berbatasan dengan wilayah Australia.
Jalanan lumayan bagus dari arah Kecamatan Jampangkulon. Berkelok-kelok dan tidak terlalu lebar. Melewati hutan jati yang nggak terlalu lebat, trus kebon kelapa yang luasnya sakhoha :D dan sapi-sapi yang mencari makan rumput-rumputan.

Katanya sih itu kebon kelapa plus villa punya anak-anak penguasa jamannya Orba. Wallahu A'lam. Pernah juga ke villa tengah kebon kelapa itu. Bagus, lumayan lah ada kolam renangnya yang dibuka untuk umum. Letaknya tepat di pinggir laut berkarang (dan di situ jelas ada tulisannya "dilarang berenang").
Nah, sebelum pantai Ujung Genteng itu ada penangkaran penyu laut tepatnya di Pengumbahan. Sebelumnya lagi ada "loket" masuk tempat wisata yang tarifnya menyesuaikan. Hehehe maksudnya pas musim lebaran gini  bisa naik 50 persen. Di karcis jelas-jelas tertera per mobil Rp. 18.000,00 tapi di loket ditulis gede-gede Rp. 27.000,00. Yaaa sudahlah.

Dan ternyata sodara-sodara, untuk memasuki hutan yang menjorok di lautan dimana kita bisa serasa berada di tengah-tengah laut (halaaaah) masih diberlakukan tarif lagi. Kali ini ceban per mobil. Hehehee mumpung lebaran yeuuhh.. Di situ ada plang tulisannya Pusat Latihan Tempur AURI. Atau apa sih, saya lupa :D Pokoknya gitu dehh.. Ada kok mercusuar gede pas di pinggir laut itu. Mercusuar atau menara pengintai? Hihihihi lupa nanyain ke petugas di sana :p

Laut sedang surut. Jauh jalan menuju tepian laut yang berombak. :D
Yaach, daripada capek-capek mendingan main ciblon aja di aliran air laut yang aman dari ombak. Meski dasarnya banyak karang-karang dan fosil-fosil (halaaah) tapi asik kok. Sambil nyari rumput-rumput laut juga bisa. Kan airnya sedang surut. Cuma jangan kaget aja pas lagi cabut-cabutin rumput laut tangan kita mendadak digerayangi bintang laut. Atau tiba-tiba megang teripang yang badannya lunak-lunak gimana getooo..

Anyway, kalo ada kesempatan mau lagi ke Ujung Genteng. Bawa keresek yang gede buat nampung rumput laut. Hehehehe..


Tidak ada komentar: