Senin, 26 Mei 2014

Susahnya Berkawan Monyet

Critanya neh dua kakak beradik mau main ke rumah tetangga sebelah. Pas di sebelah rumah, tapi terpisahkan halaman. Jarak pintu ke pintu kurang lebih sepuluh meter, atau lebih. Nah sore itu emaknya lagi leyeh-leyeh pencat pencet remot tipi.

“Mak, aye mau main ke sebelah ye, sama adek.” Anak yang gede minta ijin.

“Iye, boleh. Tapi jaga adeknya ye, nggak boleh nakal-nakal. Emak ntar nyusul.”

Nggak sampe semenit mereka dah berhamburan (emangnye tepung hihihihi) menuruni tangga rumah. Pake sandal, lalu melesat ke samping. Ciaaattt…

Eh, selang semenit kemudian mereka ribut berteriak.

“Maaaakkkkk………….emaaaaaakkkkk…!!”

Bukk…bukkkk…bukkk. Suara langkah mereka berlarian terburu-buru.

“Ada monyeeeettttttt!!!”

Emak langsung beranjak ke teras melongok keluar. Waduh…bener juga ntuh ada monyet di depan rumah tetangga. Yang paling besar, kayaknye kepala rombongan monyet. Lagi jalan perlahan sambil bawa sesuatu di mulutnya. Kayaknye juga nggak terpengaruh suara anak-anak. Cuek-cuek aja tuh.

Kalo anak-anak lagi nggak di luar rumah sih, emak nggak panik. Ngeliat si kecil terjatuh, buru-buru emak lari ke bawah. Nggak pake sandal, nggak sempet juga pake kerudung. Untung sepi, tertutup pohon-pohon hihihii. Duh, Gustiii…maap.

Anak yang gede dah sampe tangga rumah, sementara anak yang kecil masih tertatih bangun. Nangis kejer. Berhubung anak-anak dah aman, emak naik lagi ke rumah.

Si kecil masih nangis.

“Huuu..huu..huuu..takut monyeettt.”

“Udeehh..pan dah aman. Monyetnya juga jauh. Kite pan dah di dalam rumah.” Emak menghibur.

“Sandalnya ketinggalan..huuuu..huuu..ntar kalo diambil monyet gimana???”

Olalaaaaa… Emak buru-buru turun lagi. Kali ini nggak lupa pake sandal dan kerudung. Misinya ngambil sandal di perbatasan, antara rumah sendiri dan rumah tetangga.

Misi berhasil. Anak yang gede malah ketawa-tawa. Dan si kecil mulai tenang. Jadinya kami nonton monyet dari teras rumah. Monyet-monyet riuh di belakang rumah tetangga. Entah apa yang diambilnya. Jangan-jangan buah nanas di halaman tetangga? WHATTT?!!

Buru-buru ngasih inpo ke tetangga.

“Nyak, nanasnya diambil monyet tuh.”

“Waduh, harus segera diselamatkan nih.” Sahutnya

Masih ada beberapa sisa buah nanas. Bersenjatakan pisau, misi kedua segera dilaksanakan!!
* * *

Tidak ada komentar: