Kamis, 29 November 2012

Pelajaran [Gagal] Bikin Kue


Hmmm..setelah sekian lamaaaaa akhirnya kemaren lusa bikin kue. Judulnya sih bolu kukus. Bolu yang dikukus, permukaannya bisa merekah, seperti bolu yang sedang ketawa. (Gak pake guling-guling). You know what? Gagal. Gagal mengembang. Gagal merekah. Tapi untungnya masih enak dimakan.
Suer, penampilannya ancur sodara. Gak layak disebut bolu kukus. Mirip-mirip kue mangkok. Hahaha.. Parah. Padahal saya pernah beberapa kali sukses membuatnya. Tapi entah, karena sok tau dan sok mahir saya membuatnya dengan kreasi resep yang berbeda.
Nah, sebenernya resep bolu kukus itu tersedia banyak dimana-mana. Nanya mbah google aja, gampang. Banyak pula. Tinggap cap cip cup aja mau pilih resep yang mana. Atau kalo mau agak sedikit susah, nanya aja ke tukang kue yang biasa bikin kue. Nanya ibu atau ibu mertua juga bisa.
Masalahnya semakin banyak info, semakin rancu tuh resep. Dari takaran bahan, sampe cara dan urutan membuatnya.
Pelajaran pertama, adalah jangan pernah menertawakan orang yang gagal bikin kue. Soalnya saat sekalinya Anda gagal, jangan heran jika mendapat respon, “Kasiaaaaan, deh lu!”
Pelajaran kedua, jangan takut gagal. Meskipun gagal menyisakan ketawa dan air mata, wkwkwkwk.
Pelajaran ketiga, jika tidak siap resiko janganlah gonta ganti resep untuk kue yang sama. Kalo udah dapat yang pas, cucok, catat baik-baik. Dan lupakan resep yang lain.  Mungkin bagi orang resep tertentu bisa berarti anti gagal. Belum tentu buat Anda. Perlu latihan dan ketrampilan mengolah suatu resep menjadi hasil yang baik dan benar.
Pelajaran keempat, sahrini…eh sharing dengan sesama penghobi masak memasak. Bisa jadi ada step dalam resep yang Anda lewati begitu saja. Atau kesalahan menulis resep. Sharingnya jangan hanya dengan yang tingkat mahir saja, tapi sharing dengan yang gagal akan sangat berguna. Bukankah kita bisa belajar dari kegagalan orang lain? Hehehehe

Pelajaran kelima, practice makes perfect..

Tidak ada komentar: