Selasa, 21 Juli 2020

Rasa Pahit




Salah satu rasa yang susah dilupakan dari ingatan adalah rasa pahit. Rasa yang nempel di makanan atau pun kenangan. Eaaa..

Wait, ini mau bahas yang ada kaitannya dengan makanan. Saya punya kenangan pahit, banget malah, dengan sayuran bernama sawi.

Duluuuu waktu masih SD, nggak tau dapat wangsit apaan ibu saya tuh tiba-tiba suka masak sayur sawi. Ndilalah adik-adik saya suka. Jadilah berhari-hari di rumah selalu tersedia sayur sawi. Nah, kebetulan saat itu saya lagi sakit thypus atau DB (lupa), kan mulut pahit banget tuh. Ndilalah makan sayur itu kok rasa pahitnya jadi berlipat ganda. Sampai lekat rasanya, susah ilangnya. Wis jiaaann kayak kenangan pahit.

Sejak itu saya nggak doyan sawi, blassss. Lihat bentuknya saja langsung berasa pahit di mulut. Dulu waktu jaman kuliah ngeliat teman-teman pada panen sawi, terpaksa deh lihat  tumpukan sawi di ruangan sambil menahan pahit yang meneror lidah, perasaan, dan ingatan. Sementara orang pada gembira tapi saya tersiksa. 😅

Entah bagaimana, melihat penampakannya saja, mulut berasa pahit. Kayak gini : melihat orang motong buah lemon trus lemonnya dimakan begitu saja. Dibrakoti. Auto ngeces, kan? Membayangkan betapa kecutnya.

Berkat tekad yang dikuat-kuatkan, sekarang sih saya udah doyan makan sawi. Tapi setiap makan sawi, inget kenangan itu. Masa-masa sakit. Trus inget lebaynya saya kok sampai bertahun-tahun diteror rasa pahit.

Ternyata kenangan pahit bisa ilang kalo kita nggak lari dari kenyataan. __lesson learned 😂😂

Begitu pula dengan baking powder. Dulu waktu masih awal-awal coba per-baking-an, perkuehan dll, saya pernah menambahkan baking powder terlalu banyak. Alhasil rasa kuenya pahit. Pahitnya beda. Nempel di ingatan. Lalu, nyaris nggak pernah lagi pakai baking powder. Wkwkwkwk.

Saya membeli BP untuk perkuehan ketika ingin mencoba resep onde-onde ketawa.  Meski tetep ya, was was dengan rasa pahitnya.

Jadi saat saya posting onde-onde mesem, harap jangan julid duluan. Memang takaran baking powder saya kurangi drastis.

Takut pahit. Cemen akutu. 😌

Tidak ada komentar: